December 10, 2011

Catatan Paling Lucu

Sebelum tahun 2006, kehilangan flashdisk bukanlah berita yang menggemparkan dunia. Namun sejak kehadiran FACEBOOK, seseorang yang kehilangan flashdisk bisa menjadi BERITA PENTING dan layak dipublikasikan ke semua orang di dunia.

Status Palsu
Sulit dipercaya memang, kini manusia rajin melaporkan kegiatan sehari-harinya di situs bikinan Mark Zueckerberg. Misalnya, beberapa status milik profil salah seorang teman (palsu) seperti:


  • Anak Alay "Eh, guwe lagi makan di Restoran X nih. Asiik...!!"
  • Remaja Ababil "Malam minggu ini galau gara-gara diputus pacar"
  • Bukan Mario Teguh "Saudaraku yang baik hatinya, kalo kita bla bla bla, maka kita akan bla bla bla. Salam Super MTPADF (Mario Teguh Palsu Ada Di Facebook) "
  • Motivasi Palsu "Pekerjaan berat akan terasa ringan jika tidak dikerjakan. Pekerjaan ringan akan terasa berat jika dikerjakan sambil menggendong gajah"


Ah, berita yang sangat penting banget gitu loh buat guwe baca!
Tapi, tidak semua post yang muncul di News Feed facebook saya bersisi hal-hal yang kurang bermanfaat (menurut saya).

November 19, 2011

Kita seharusnya lebih bijak membedakan CINTA dengan NAFSU.


Ah, terlalu banyak orang membicarakan CINTA, tetapi... tahukah kau apa definisi CINTA setelah sekian lama kau terabsorbsi di dalamnya?

Misalkan ada orang yang selalu setia memakai kacamata hitam mulai bangun pagi hingga tidur malam. Jika suatu saat ia bertemu orang di jalan, kemudian ditanya: "Sekarang masih siang atau sudah malam?". Maka si pria berkacamata hitam ini tentu saja kesulitan membedakan mana siang dan mana malam. Baginya tidak ada bedanya siang atau malam karena sama-sama gelap! Dia selalu menggunakan kacamata hitam kapanpun, dimanapun... 

Senja di Perhentian Itu


mohon perhatian para pengguna jalan raya, perlu kami beritahukan bahwa sesuai dengan undang-undang no 23 th 2007 tentang perkeretaapian, bahwa setiap pemakai jalan raya yang hendak melintas jalan kereta api wajib mendahulukan lewatnya kereta api. Palang pintu perlintasan bukan alat pengamanan utama  dan bukan merupakan rambu lalu lintas tetapi hanyalah alat bantu untuk mengamankan perjalanan kereta api.

Untuk itu berhati-hatilah setiap akan melewati perlintasan kereta api, di lokasi lain masih banyak perlintasan yang tidak dijaga dan tidak berpintu oleh sebab itu patuhilah rambu-rambu lintas yang ada dengan mematuhi peraturan lalu lintas berarti anda telah berusaha menyelamatkan diri sendiri, keluarga, dan rekan-rekan anda dari bahaya kecelakaan. Sampai saat ini telah banyak korban meninggal dunia sia-sia karena kelalaian dan ketidakdisiplinan ketika melewati pintu perlintasan kereta api. Terimakasih atas kedisiplinan anda dalam berlalu lintas. Semoga selamat sampai tujuan. Pesan ini disampaikan oleh pt kereta api persero

Lowongan Pekerjaan

Lowongan Pekerjaan
Sebuah lowongan istimewa telah dipersiapkan sebelum alam ini diciptakan. Lowongan ini terbuka bagi semua orang tanpa pengecualian, tanpa melihat pengalaman kerja, tanpa ijazah, tanpa koneksi. Lowongan ini terbuka bagi semua orang mulai dari pengangguran maupun yang sedang bekerja dengan latar belakang apapun, baik direktur, gubernur, tukang becak, perampok, koruptor, pembunuh, pendeta, kyai, para dermawan, orang bodoh, orang cerdas, dll. Setiap pelamar dijamin pasti diterima di salah satu posisi yang disediakan, bahkan yang tidak melamar sekalipun pasti diterima!

November 18, 2011

Mauris at velit sit amet



de Finibus Bonorum et Malorum 
Sisi Ekstrim dari Kebaikan dan Kejahatan, karya Cicero


November 14, 2011

Aku Jatuh Cinta (Lagi)

Biasalah, topik yang paling sering dibicarakan orang-orang di usia saya cuma dua hal: CINTA dan KARIR. Tentu saja, dalam catatan ini saya tidak membahas tentang KARIR. Catatan ini untuk kamu, yang merasa bahwa hidup ini hampa tanpa cinta (seperti lagunya Ari Lasso yang berjudul, Hampa).


Aku Jatuh Cinta (Lagi)
OK, langsung saja ke pembahasan...

November 11, 2011

11-11-11

Terakhir kali aku nangis, sebelum hari ini... saat aku mengetahui salah satu saudaraku meninggal dunia karena leukimia, atau kanker sel darah putih. Yah, dia masih sekolah di kelas 3 SD dan baru saja mendapat sepeda baru.

Hari ini, aku juga menangis.... Ah, ternyata saya cukup cengeng gara-gara membaca koran Jawa Pos edisi hari jumat, 11 November 2011. Bukan berita politik, bukan kolom Deteksi, dan bukan halaman olah raga yang sering aku baca.

November 7, 2011

Ensiklopedia Cantik

Siapa sih wanita di dunia ini yang tidak ingin tampil cantik? Meskipun saya bukan wanita, tapi saya pikir, semua orang pasti setuju, bahwa setiap wanita ingin tampil cantik. Yah, itulah sebabnya kita menemukan banyak cara bagi wanita agar terlihat cantik, dari penggunaan riasan wajah, hingga operasi wajah. Namun, hal tersebut tidak cukup. Wanita juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti trend, zaman dan budaya, agar benar-benar terlihat cantik.


Wanita Cantik di ajang Miss Universe
Umumnya, setiap orang berpendapat bahwa cantik itu tidak hanya dilihat dari penampilan fisiknya saja, tetapi juga inner beauty-nya, yaitu kecantikan yang berasal dari dalam (kepribadian, kecerdasan, dan kemampuan berkomunikasi). Pada tulisan ini, saya akan membatasi pembahasan tentang kecantikan pada kecantikan fisik di seluruh dunia.

Jadii... apakah definisi kecantikan itu?

November 5, 2011

Sinetron Yang Mendidik Bangsa

Anggapan banyak orang bahwa tayangan sinetron di TV tidak mendidik sepertinya perlu di revisi. Karena setelah saya melakukan riset sendiri terhadap tayangan sinetron, ternyata tayangan sinetron justru media pendidikan yang lebih efektif! Bukannya saya membela para pengusaha producer sinetron, tetapi saya mengajak Anda untuk berhenti sejenak dan meluangkan waktu untuk berpikir dengan objektif.

October 29, 2011

Superstar yang Superstore



Catatan apa lagi ini?
 Perkenalkan, Superstar yang Superstore...
Kita semua tahu, SUPERSTAR adalah mega bintang, seorang idola.
Dan Anda pasti tahu SUPERSTORE, semacam toko serba ada yang besar... seperti Matahari Departemen Store.

OK, jadi Superstar yang Superstore adalah...??
Judul catatan ini...

Lha iya, apa maksudnya, brother??
Ah, kamu tu tanya mulu kayak mahasiswa aja... makanya baca dulu sampe habis baru tanya!!

Bagus nggak tulisannya?
Baguslah... kalo nggak bagus, ngapain aku tag note ini ke kamu...

Awas loe ya kalo catatannya nggak bagus!!
Iya... tenang aja deh... guwe jamin 100% elo pasti setuju ama guwe

Bukan Super Mario

"Sahabatku yang baik hatinya"
"Adik-adikku yang impiannya besar"
"Saudaraku yang lembut hatinya"

Kira-kira begitulah motivator kondang negri ini (saya gak bilang Mario Teguh lho ya) menyapa pemirsanya. Tapi aku bukanlah dia, jadi cukup Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam, Assalamualaikum buat menyapa teman-teman yang SUPER ini (ah, masih ada Mario Effect).
OK, apa yang sebenarnya ingin saya bagikan ke teman-teman?

Dua hal...

October 28, 2011

Terimakasih... IBLIS!





Ah... setidaknya saya dulu berpikir demikian. Saya pernah mendengar cerita dalam suatu pengajian, bahwa ketika Tuhan menciptakan manusia, dan Tuhan memerintahkan semua makhluknya untuk sujud kepada manusia (Nabi Adam) saat itu... semua makhluknya bersujud sesuai perintah Allah, kecuali setan (katanya sih karena kesombongannya). Setan merasa bahwa dia diciptakan dari API, sedangkan manusia diciptakan dari tanah... Setan merasa derajatnya lebih tinggi, dan enggan bersujud pada Adam.
Al-Baqarah 34-36:”Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Bersujudlah kamu kepada Adam!” Maka mereka bersujudlah mereka kecuali Iblis. Ia enggandan takabbur ‎dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.‎” 
Dari ayat tersebut saya menyimpulkan bahwa Iblis telah kafir, tak beragama dan melepaskan ‎imannya (sekali lagi, ini menurut tafsir saya, jadi maaf kalo punya pendapat berbeda). 

September 30, 2011

Status Facebook Sepanjang Masa

Hari Nugraha "Suaraaa dengarkanlah aku, apa kabarnya pujaan hatiku... aku di sini menunggunya ... masih berharap didalam KAKInya - eh maksudku, HATInyaaa..." Luna Maya feat. Hari Nugraha - Suara (Thu, 18 Jun 2009 04:50:15 GMT)

Hari Nugraha "Seindah indahnya yang ada di dunia ini semuanya itu hanya sesaat, jadi lakukan sesuatu yang berguna bagi siapapun dan kejarlah apa yang dibutuhkan untuk kehidupan yang abadi nanti..." (Fri, 19 Jun 2009 15:20:13 GMT)

August 24, 2011

“Membela Allah”

Allah kok dibela

Lha iya, membela kok membela Allah
Apakah Dia butuh dibela?
Bukankah dia maha segala-galanya?
Dan tidak membutuhkan apa-apa dari makhluk-Nya?
Dia maha kaya dan maha berkuasa
Jadi, apa yang mesti kita bela?
Dia maha kuat, maha besar, maha hebat
Jadi, apa pantas kita membela-Nya?
Dia maha mulia, maha suci, dan maha agung
Lantas, untuk apa pembelaan kita?

August 21, 2011

Who Am I Meant to Be?

After responding to the statements that's shown on Oprah.com, I discover my striving style, learn what to do if it's backfiring from neglect, and find ideas to guide my life in the direction that it was meant to go.


I'M STRIVING TO BE IN CONTROL
I am a leader: I approach everything as though I were born to be in charge. Confident, assertive, and decisive, I know what I want and I go after it. I also look out for family, friends, and community—I feel I know what's best for them—and have no fear of confronting anyone who challenges my ideas. Taking the driver's seat, I also generously donate time and energy to people and neighborhood projects.

August 20, 2011

Yuk, saling menghormati

Ketika melihat berita di TV yang sedang menyiarkan aksi beberapa instansi pemerintah maupun organisasi masa Islam menutup paksa warung-warung makan yang beroperasi selama jam berpuasa, saya hanya bisa geram dan mengumpat dalam hati. Astaghfirullah...

Penutupan warung-warung itu dilakukan dengan tujuan agar pengelola warung bisa menghormati orang-orang yang berpuasa. Yah, orang-orang yang tidak berpuasa memang harus menghormati rang yang sedang berpuasa agar kerukunan hidup antar umat beragama dapat tercapai.

Tapi, bukankah orang-orang yang berpuasa juga harus menghormati orang-orang yang tidak berpuasa? 

August 14, 2011

Refleksi 66 Tahun

Enam puluh enam tahun adalah usia yang cukup tua bagi manusia.
Bagi sebuah negara, khususnya negara Indonesia, enam puluh enam tahun artinya lebih dari tiga belas generasi negri ini telah dikelola...

Indonesia...
Ah, saya tidak ingin menggaungkan kekayaan negri ini, semua orang sudah tahu betapa kayanya negri ini
Saya juga tidak ingin menegaskan kembali bangsanya yang ramah tamah, semua orang sudah tahu betapa ramahnya masyarakat kita

Jadi apa yang ingin direfleksikan?

August 9, 2011

Sebuah Pikiran yang Konslet

Malam ini sudah kesepuluh kalinya aku merasakan perasaan ini. Aku sedang menatap monitor di dalam sebuah ruangan dengan suhu 30 derajat celcius, cukup hangat untuk mengantarku tidur, namun ada satu kegelisahan yang kurasakan mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur... dan ini, sangat menggangguku, hingga aku menggerakan jari-jemariku untuk menuliskan kalimat demi kalimat yang bercerita tentang sebuah pikiran yang konslet.

Ada saat-saat dalam hidup dimana beberapa hal sepertinya tidak berjalan sebagaimana mestinya:  bisnis yang sedang dirintis ternyata bergerak kearah yang merugikan, rencana yang telah dibuat tidak berjalan lancar, kehilangan kepercayaan dari teman-teman terdekat, atau... orang yang kita sayangi pergi begitu saja.

Yah... itulah yang sedang terjadi pada saya, actually.

July 29, 2011

Puisi untuk Ultraman

Untukmu Ultramanku...

Kau datang jauh-jauh dari Planet Cahaya
Meninggalkan kedua orang tuamu dan saudara-saudaramu...
Kau meninggalkan mereka hanya untuk datang ke Planet Bumi
Membasmi monster-monster jahat yang ingin menguasai bumi



June 19, 2011

Mencontek adalah hal yang wajar, mari mencontek

Saya terinspirasi dari sebuah tulisan di Jawa Pos yang membahas kepahlawanan Bu Siami. Pada dasarnya manusia itu makhluk mencontek. Sejak lahir, kita mencontek ayah dan ibu bagaimana cara untuk makan, minum, berdiri, berbicara, tidur, dan lain sebagainya. Saat tumbuh besar, kita mencontek lingkungan kita tentang apa yang benar, apa yang salah, apa yang baik, maupun apa yang buruk. Begitupun di sekolah, mencontek adalah cara kita untuk mencari solusi atas permasalahan yang tidak bisa kita pecahkan.

June 18, 2011

TOYOTA dan Pameran Ide

Papan selancar yang bisa digunakan di darat. mobil yang dikendalikan suara. Kendaraan yang dikendarai tupai. Di Toyota, mereka menghargai ide... Tidak masalah seberapa konyol ide itu kelihatannya.

Misalnya, temuan-temuan yang dihasilkan oleh pameran ide tahunan TOYOTA, suatu kompetisi unik yang mendorong terciptanya inovasi teknologi yang serius oleh para karyawan melalui suasana yang menyenangkan.

Contohnya, para pemenang baru-baru ini berkisar dari kereta salju Santa Klaus robotis yang lucu hingga kursi roda yang bisa dikendarai nyaris dimana saja (bahkan bisa naik-turun tangga). Suatu hari nanti, kemajuan-kemajuan yang dibuat melalui Pameran Ide itu bisa diterapkan pada kendaraan Toyota.

Mereka terus mendorong ahli mesin mereka untuk sedikit menampilkan diri. Dengan demikian, mobil itu bisa menjadi lebih baik. Tomorrow Cars without limits...

June 14, 2011

Kopi Pagi dan Cinta Pandangan Pertama

Dari judulnya "KOPI PAGI DAN CINTA PANDANGAN PERTAMA", tentu saja tulisan ini bukan semata catatan resep membuat kopi yang nikmat (karena ada kata CINTA), tapi juga tidak sepenuhnya tentang cinta (karena ada kata KOPI).

Jadi tulisan ini tentang apa?
Apa hubungannya Kopi Pagi dengan Cinta?
Kenapa saya menulis catatan ini?

Satu-satunya jalan terbaik untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut adalah: membacanya secara keseluruhan.

May 20, 2011

Sebuah Catatan Yang Keliru


Kamis malam kemarin, 19 Mei 2011 saya mengikuti kajian Bangbang Wetan yang dipandu oleh Emha Ainun Najib (Cak Nun). Saat itu mereka mendatangkan anak-anak usia sekolah yang menyandang cacat fisik, mental dan ada pula yang kesulitan berkomunikasi (divabel). Mereka yang konon katanya TIDAK NORMAL itu menampilkan beberapa pertunjukan LUAR BIASA seperti menari balet, menari Remo (tradsional Jawa Timur), ada juga yg menampilkan monolog dan memainkan akustik.

Seorang penderita divabel menampilkan monolog tentang keadaan poitik dan ekonomi di negri ini. Subhanallah, sangat LUAR BIASA... bisa berbicara NORMAL saja sudah merupakan PRESTASI bagi mereka, lha ini malah berbicara didepan publik, mengajak para audiens malam itu untuk merenung, berpikir tentang kebangkitan bangsa Indonesia...

Satu hal yang membuat saya merinding adalah ketika salah seorang pemuda yang mengalami keterbatasan indra penglihatannya (mata kiri buta total dan mata kanan berjarak pandang 4cm) memetik senar-senar gitar akustik dan menyanyikan lagu D'Masiv yang berjudul "Jangan Menyerah".

"Tak ada manusia yang terlahir sempurna... Jangan kau sesali segala yang telah terjadi...
Kita pasti pernah dapatkan cobaan yang berat... seakan hidup ini tak ada artinya lagi..."
  D'Masive - Jangan Menyerah

Saya merinding bukan karena mereka menyanyikannya dengan (sangat) baik, tetapi saya merinding karena terinspirasi dari sikap hidup mereka yang menerima segala keterbatasan fisik mereka untuk tetap berpikir dan bertindak luar biasa.
  • Bagaimana seorang yg menderita autisme bisa menari balet? (Wong diajak ngomong aja gak nyambung)
  • Bagaimana seorang yang kaki dan tangannya tidak lengkap, berjuang jauh-jauh dari Banyuwangi naik kereta api sendirian ke Surabaya untuk datang ke kajian Bangbang Wetan dan berbagi pengalaman dan sikap hidup? (Wong cara berjalannya aja udah susah)
  • Bagaimana seorang yang memiliki kekurangan fisik TIDAK MAU dikasihani, malah berbuat sesuatu yang LUAR BIASA?
Yah, sebagai seorang yang (Alhamdulillah) normal, saya merasa malu. Maklum, cendekiawan dari kampus seperti saya ini memang biasanya sombong, suka mengeluh, suka protes... merasa diriku ini cerdik dan pintar karena merasa terpelajar. Saya malu kepada mereka yang tidak normal tetapi punya semangat hidup yang luar biasa. Kejadian di malam itu sungguh menjadi pelajaran yang sangat berharga buat saya (dan para jama'ah maiyah BangBang Wetan malam itu). 

Dalam note ini, saya tidak ingin menggurui siapapun, juga tidak berkepentingan untuk pamer kecerdasan kepada siapapun. Saya menulis catatan ini untuk mengajak teman-teman (yang normal) untuk menjadi pribadi yang pandai bersyukur atas segala nikmat atas kenormalan kita... menjadi pribadi yang tidak hanya berilmu (alim) tetapi juga pribadi yang bijak dan semakin tunduk karena mengenal diri sendiri (dan Tuhannya).

Well...
Ayo bro! Ayo sist!!
Semangat mengejar cita-citamu...
Semangat menyiapkan bekal di akherat nanti...
Kita ini adalah pemuda revolusioner...
Kita ini adalah pemuda yang akan menggenggam dunia...
BERHENTI MENGELUH DAN KEMBALI BEKERJA!!
Wassalam...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...